People Innovation Excellence
 

Mooncake Festival

Mooncake Festival yang dikenal dengan Festival Musim Gugur atau Festival Kue Bulan (中秋节; zhong qiu jie) merupakan salah satu perayaan penting di Tiongkok. Perayaan ini dirayakan pada hari ke lima belas bulan delapan kalender Tionghoa, biasanya jatuh pada bulan September-Oktober. Festival ini dimulai dari zaman Dinasti Shang dan Dinasti Xia (2000-1600 SM).

Mooncake Festival ini memiliki sebuah legenda, yaitu Legenda Dewi Bulan, Chang E. Dikisahkan di bumi muncul sepuluh matahari, Houyi, sang pemanah diutus ke bumi bersama istrinya Chang E untuk memanah sembilan matahari. Ia kemudian menjadi pahlawan yang dielu-elukan rakyat. Dewi khayangan turun dan memberikan obat panjang umur pada pasangan suami-istri itu. Karena terlampau dijunjung, Hou Yi akhirnya menjadi sombong, istrinya menjadi sedih dan kemudian meneguk semua obat yang diberikan pada mereka. Akhirnya tubuhnya perlahan terangkat ke bulan dan menjadi Dewi Bulan. Namun terdapat versi lain yang mengatakan bahwa rekan Hou Yi, Feng Meng iri akan pencapaian Hou Yi dan ingin mencuri obat panjang umur. Ia ingin mencurinya, tetapi Chang E berhasil mencegahnya dan dengan segera menelan obat itu.

Maka dari itu, untuk menghargai pengorbanan Chang E dan menyerukan perdamaian di muka bumi serta sebagai ungkapan rasa syukur, masyarakat keturunan Tionghoa  mewujudkannya melalui kumpul bersama untuk melihat bulan, menyalakan lampion, makan kue manis (seperti mooncake atau kue bulan), buah-buahan, dan menari tari naga.

Sumber Penulisan / Daftar Pustaka :

https://id.wikipedia.org/wiki/Festival_Musim_Gugur

https://www.google.co.id/search?q=mooncake+festival&safe=strict&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwjc8t7AurDdAhVJto8KHbZWBvcQ_AUICigB&biw=1242&bih=609#imgrc=EnmKzEIlgLhbKM:


Published at : Updated
Written By
Erni Suriati
Activist of Public Relation | BNMC
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close