People Innovation Excellence
 

JIAO ZI

Sumber : http://rajawine.com/wp-content/uploads/2014/01/makanan-khas-imlek.gif

Jiao zi (饺子), yang juga dikenal sebagai pangsit Tiongkok merupakan sejenis makanan tradisi bangsa Han. Umumnya orang Tiongkok makan Jiaozi saat Tahun Baru China. Tetapi tidak banyak yang mengetahui praktik orang Tiongkok makan Jiaozi pada musim panas, khususnya “Shu Fu”. Fu adalah salah satu istilah dalam kalender Tiongkok. Fu merujuk pada waktu yang suhu udara paling tinggi pada musim panas. Pada zaman kuno Tiongkok, tidak ada kipas angin atau AC, maka musim panas sangat sulit bagi kaum petani pada zaman dahulu. Orang Tiongkok kuno memohon restu dari dewa dengan cara makan Jiaozi.

Ada cerita lain yang terkait kebiasaan makan Jiaozi oleh masyarakat Tionghoa pada musim panas. Menurut cerita itu, pada musim panas, manusia mudah menjadi penat dan nafsu makan juga menurun. Bagi petani Tiongkok yang bercocok tanam pada siang hari yang terik, Jiaozi dianggap sebagai makanan yang paling sedap dan sesuai untuk memulihkan energi tubuh. Selain itu, ada cerita yang sangat populer di kalangan rakyat Tiongkok, yaitu terkait bentuk Jiaozi seperti emas batangan. Maka makan Jiaozi bisa mendatangkan keberuntungan yang baik. Selain dari Jiaozi, orang Tiongkok dahulu juga menikmati beberapa makanan yang membantu mendinginkan tubuh, diantaranya sup plum hitam, keju yang dibekukan dan lain-lain.

Pada musim panas, suhu udara sangat tinggi, dan manusia banyak berkeringat dan menyebabkan kekurangan protein, vitamin B, potasium, serta natrium. Jiaozi yang terbuat dari tepung padi, sayur dan daging, mengandung semua zat tersebut. Maka, Jiaozi sangat baik untuk dikonsumsi pada musim panas.

Sumber Penulisan / Daftar Pustaka:

http://chindonews.blogspot.com/2013/08/makan-jiaozi-atau-pangsit-di-musim-panas.html


Published at :
Written By
Jessica
Activist of Public Relation
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close