People Innovation Excellence
 

Permainan Tradisional Asal China

Sumber Gambar : http://www.chinadaily.com.cn/sports/2017-08/02/content_30333834.htm

 

Tentunya, di setiap negara di dunia memiliki permainan tradisional yang sudah diturunkan dari generasi ke generasi. Sayangnya, beberapa permainan tradisional tersebut harus sedikit demi sedikit tersingkir ketika era gadget sudah merambah di setiap lini kehidupan, terutama kerap digunakan oleh anak-anak untuk bermain. Berikut adalah permainan tradisi China yang sudah tersebar di berbagai Negara.

Mahjong

Mahjong atau mahjung adalah permainan untuk empat orang yang datang dari China. Mahjong membabitkan kemahiran, kiat, serta pengiraan, termasuk satu step nasib. Tergantung pada macam yang dimainkan, nasib bisa jadi gosip sepele atau aspek terpenting kejayaan. Di Asia, mahjong juga popular jadi perjudian serta jadi permainan computer.

Go

Go adalah permainan berpapan yang dimainkan oleh dua orang. Go juga dikenali jadi wéiqí didalam bhs China. Permainan ini kaya dengan kiat yang kompleks namun cuma memiliki undang-undang permainan yang gampang. Go cuma memakai biji-biji berwarna hitam serta putih.

Xiang Qi

Xiangqi bentuk saat ini datang dari China, oleh itu ianya di gelar jadi Catur Cina. Permainan ini dijumpai sudah mula dimainkan seawal era ke-4 selepas Masihi di China. Xiangqi adalah satu diantara permainan papan yang paling popular didunia. Tanda-tanda yang unik termasuklah gerakan unik pao (meriam), ketentuan yang melarang panglima (seperti ” raja ” dalam catur) dari pada berjumpa dalam garisan yang sama, dan ” sungai ” serta ” istana ” yang mengehadkan gerakan sesetengah buah catur.

Yo-yo Cina

Yo-yo cina adalah permainan dari China yang memiliki dua cakera yang sama saiz yang dikaitkan oleh gandar yang panjang. Yo-yo cina juga akan sentiasa berpusing pada tali yang diikat pada dua batang kayu kecil. Pemain juga akan memegang hujung kedua-dua kayu serta menyeimbangi yo-yo dari pada jatuh. Permainan ini di kenal tentu sudah bentuk mulai sejak Dinasti Ming sekitaran th. 1386 sampai th. 1644 selepas Masihi. Yo-yo cina tradisionil di buat dari pada buluh, di mana ianya gampang patah serta tidak cocok untuk beberapa tindakan lasak.

Qiang gu

Sama seperti Gostra di Republik Malta atau panjat pinang di Indonesia, di Cina pun ada permainan tradisional sejenis yang dikenal dengan nama Qiang gu. Pada umumnya, Qiang gu ini digelar saat dihelatnya Festival Hantu di Cina. Bahkan penggelaran permainan tradisional ini sudah sejak Dinasti Ming.

Barongsai

Siapa yang tidak tahu dengan permainan atraksi dari negeri tiongkok yang satu ini. Barongsai adalah tarian tradisional China dengan menggunakan sarung yangmenyerupai singa. Barongsai memiliki sejarah ribuan tahun. Catatan pertama tentang tarian ini bisa ditelusuri pada masa Dinasti Chin sekitar abad ke tiga sebelum masehi.

 

Sumber :

10 Permainan Tradisional dari Negara Lain Ini Ternyata Mirip dengan yang Ada di Tanah Air

http://www.tionghoa.info/barongsai/

Permainan Tradisional Asal China


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close