People Innovation Excellence
 

PIPA

Sumber : https://i.guim.co.uk/img/static/sys-images/Music/Pix/pictures/2009/4/20/1240221770628/Pipa-player-Zhao-Cong-pic-002.jpg?w=620&q=55&auto=format&usm=12&fit=max&s=8bd66897727d136606a1a8c0cf9b789b

Pipa merupakan sebuah alat musik tradisional yang berasal dari Tiongkok. Alat musik yang bahannya terbuat dari kayu ini telah berusia lebih dari 2000 tahun. Pipa telah ada sejak zaman Dinasti Qin (221 SM – 206 SM).

Dulunya, Pipa memiliki bentuk vertikal pada bagian atasnya dan dimainkan secara horizontal. Permukaannya dilapisi oleh kulit dan terdiri dari 4 senar serta memiliki 12 nada standar, mirip dengan instrument dari Persia atau Timur Tengah yaitu ‘Barbat’ dan diperkenalkan ke Tiongkok pada masa Dinasti Jin (sekitar tahun 265-420).

Tetapi seiring berkembangnya zaman, Pipa juga ikut berkembang ,yaitu pada masa Dinasti Tang (618-907 A.D.). Alat musik Pipa menjadi populer dalam mengisi acara kerajaan dan mengalami perubahan. Perubahan Pipa terjadi pada cara memainkannya, jumlah senar dan fret. Pada awalnya yang dimainkan secara horizontal berubah menjadi dimainkan secara vertikal dengan empat sampai dengan lima senar sutra dan lima sampai 6 fret.

Permainan Pipa modern masih dapat kita jumpai di daerah tradisional Tiongkok. Permainan Pipa zaman dahulu yang dimainkan secara horizontal masih dipertahankan dalam musik nanguan yang populer di Quan Zhou. Pipa horizontal ini disebut juga nanguan Pipa.

Cara memainkannya cukup sulit, dipetik dengan diberdirikan tegak pada lutut. Suaranya yang jernih membuat Pipa menjadi alat musik petik yang memegang posisi penting dalam musik tradisional Tiongkok.  Teknik memainkan Pipa juga sangat bervariasi. Pipa dapat digunakan baik untuk solo maupun sebagai instrument pengiring dalam suatu orkestra.

Bahan dasar yang digunakan untuk membuat Pipa yang menggunakan 4 senar dan fret terbuat dari bambu yang berjumlah antara 19 sampai dengan 26. Kemudian bambu tersebut, dilekatkan pada badan Pipa yang “gemuk” dan ditambah dengan 6 fret yang biasanya terbuat dari tanduk pada gagang Pipa. Untuk senar yang digunakan terdiri dari tiga macam, dipilih berdasarkan kebutuhannya, yaitu kawat baja yang dilapisi oleh perak, kawat baja yang dilapisi oleh nylon dan kawat baja yang dilapisi oleh benang sutra.

Pipa juga memiliki banyak sekali makna bagi kepercayaan Tiongkok kuno.  Instrumen petik ini sering ditemukan di tangan gadis surgawi yang digambarkan dalam lukisan tradisional Tiongkok. Tubuh Pipa, dengan ukuran tradisional Tiongkok, adalah tiga kaki lima inci, yang mewakili tiga kekuatan; langit, bumi, dan manusia, dan lima elemen logam; kayu, air, api, dan tanah. Sementara itu, empat senar mewakili empat musim yang ada.

Sumber Penulisan / Daftar Pustaka : 

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Pipa_(alat_musik)

http://irzaarveda.blogspot.co.id/2015/05/pipa-alat-musik-tradisional-tiongkok.html?m=1


Published at : Updated
Written By
Jordy Fangestu
Activist of Public Relation
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close