People Innovation Excellence

7 Jenis Teh dari Tiongkok

Sumber : https://s.kaskus.id/images/2013/08/02/504779_20130802011148.jpg

Teh merupakan minuman nasional dari Tiongkok. Selain menjadi budaya Tiongkok, teh juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Teh Tiongkok dibagi menjadi 7 jenis, seperti teh hijau, teh kuning, teh putih, teh oolong, teh hitam, teh merah dan teh Pu’er.

  1. Teh Hijau 绿茶

Teh hijau ini memiliki ciri khas yaitu bening, memiliki bau yang tajam. Selain menjadi budaya dari Tiongkok, teh hijau juga memiliki berbagai macam manfaat seperti untuk kecantikan kulit, anti kanker, dan anti radiasi. Teh ini dibuat melalui tiga tahap yaitu pelayuan, penggulungan dan pengeringan. Teh ini dihasilkan di Provinsi Jiang Xi , dan Zhe Jiang.

  1. Teh Kuning 黄茶

Teh ini memiliki karakteristik yang hampir sama dengan teh hijau. Proses pembuatannya harus melewati sedikit fermentasi. Daun teh yang lembab dibiarkan mengering secara alami. Selain untuk kesehatan teh ini juga dapat menghilangkan rasa lemak pada makanan. Teh ini dihasilkan di Provinsi Hunan.

  1. Teh Putih 白茶

Teh ini memiliki warna yang bening seperti air putih, dan disajikan dengan air hangat 80 – 85 derajat Celcius. Memiliki asam amino yang tinggi untuk tubuh. Teh ini asli dari Provinsi Fujian.

  1. Teh Oolong青茶

Teh ini merupakan campuran dari teh hijau dan teh merah, dan menghasilkan rasa yang unik dari kedua campuran tersebut. Teh ini memiliki khasiat yang bagus untuk diet, menurunkan darah tinggi dan detoksifikasi racun dalam tubuh.

  1. Teh Hitam 黑茶

Teh ini dibuat melalu fermentasi dengan bantuan bakteri. Dengan melalui beberapa proses : pelayuan, penggulungan, penimbunan, penggulungan, pemanggangan, dan pengeringan. Teh ini berfungsi sebagai vitamin tambahan, penurun kolesterol dan gula darah.

  1. Teh Merah  红茶

Teh merah merupakan teh yang dihasilkan dari fermentasi tanpa bantuan bakteri. Daun dari teh merah juga bewarna merah. Warna merah didapat dari proses fermentasi. Biasanya teh ini digunakan untuk menghangatkan tubuh, dan mencegah penyakit jantung.

  1. Teh Pu’er 普洱茶

Teh Pu’er merupakan teh yang termasuk golongan teh hitam, namun memiliki sedikit perbedaan dalam proses pembuatannya, teh ini berasal dari daun-daun besar yang tumbuh di daerah Tiongkok, kemudian dikompres dengan alat modern. Teh ini miliki khasiat yang baik untuk menurunkan kolesterol dan penyakit jantung.

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka :

http://www.tionghoa.info/7-jenis-teh-tiongkok-yang-perlu-anda-ketahui/

https://www.kaskus.co.id/thread/51fb51863ecb17364e000002/6-macam-teh-cina/


Published at : Updated
Written By
Andreas Julianto
Activist of Public Relation
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close