People Innovation Excellence

Sejarah Bakpao

Tahukah kamu awal mula ditemukan bakpao?

Sebelum mengetahui tentangsejarah bakpao lebih baik kita tahu terlebih dahulu  arti ‘bakpao’ sendiri. Bakpao terbentuk dari 2 kata ‘bak’ dan ‘pao’. ‘Bak’ berasal dari Bahasa Hokkian yang artinya daging babi, sedangkan ‘Pao’ berasal dari Bahasa Mandarin artinya bungkus. Jadi, bakpao adalah daging babi yang dibungkus (tepung).

Bakpao pertama kali ditemukan oleh seorang ahli strategi dari China bernamaZhuge Liang (181-234). Pada waktu itu, ia dan beberapa prajuritnya harus melewati sungai besar yang sangat berbahaya yaitu Sungai Lu Shui, menurut rakyat lokal, orang yang ingin melewati sungai tersebut harus memberikan kepala manusia sebagai tumbal supaya angina dan badai besar dapat berhenti dan mereka bisa menyebrangi sungai dengan selamat.

Namun karena Zhuge Liang merupakan seorang yang baik hati dan bijaksana, ia tidak ingin mengorbankan prajurit-prajuritnya sehingga ia menyuruh prajuritnya untuk membawakan daging babi kepadanya lalu dibungkuslah daging babi itu dengan tepung dan dibuat menyerupai kepala manusia. Dijadikanlah makanan itu sebagai tumbal dan akhirnya mereka dapat melewati sungai Lu Shui dengan selamat. Sejak saat itulah, makanan tersebut dikenal dengan nama bakpao hingga saat ini.

 

Sumber : https://www.merdeka.com/gaya/5-variasi-cara-membuat-bakpao-kukus-kln.html


Published at :
Written By
Gabriela Widya WH
Public Relation Manager
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close