People Innovation Excellence

Lantern Festival

Sumber Gambar : https://wallpapersafari.com/w/pRI64F

Lantern Festival (元宵节) atau sering juga disebut Cap Go Meh, adalah festival yang dirayakan setiap tahunnya pada hari ke-15 bulan pertama kalender Tionghoa. Perayaan ini dimulai pada Dinasti Song (960 – 1279). Pada masa itu, menebak teka-taki merupakan sesuatu yang harus dilakukan pada festival ini. Orang – orang menulis berbagai teka-teki pada selembar kertas dan menempelkan teka-tekinya pada lampion – lampion untuk dijawab oleh tamu. Kegiatan – kegiatan yang biasa dilakukan pada Lantern Festival adalah berkumpul dengan keluarga melihat bulan, lion dance, makan YuanXiao, menebak teka-teki, menyalakan lampion dan kembang api. Lion dance merupakan salah satu tradisi yang cukup menarik dalam merayakan Lantern Festival ini. Lion dance dipertunjukkan dengan dua jenis pertunjukkan. Tiongkok bagian utara fokus terhadap kemampuan lion dance, sedangkan Tiongkok bagian selatan lebih fokus terhadap topeng binatang.

Makan YuanXiao atau TangYuan merupakan makanan tradisi suku Tiongkok atau Tionghua. TangYuan merupakan bola pangsit yang lumayan lengket. TangYuan biasanya bisa digoreng, direbus, dan dikukus. TangYuan mempunyai rasa yang unik dan sangat terkenal. Makan YuanXiao ini dilakukan bersama-sama dengan keluarga dan dilakukan untuk menghargai bulan purnama. Tidak hanya itu, makan YuanXiao dilakukan oleh para remaja untuk mengapresiasikannya sebagai hari Valentine Tionghoa. Melepaskan lampion merupakan hal yang tidak asing lagi bagi yang merayakannya. Sebelum mereka melepaskan atau menerbangkan lampion, mereka menuliskan harapan mereka pada sisi lampion untuk tahun yang lebih baik di kedepannya. Kemudian mereka menyalakan api kecil menggunakan lilin di dalam lampion tersebut untuk menerbangkannya bersama-sama.

 

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka : https://www.travelchinaguide.com/essential/holidays/lantern.htm


Published at : Updated
Written By
Alvin Jethro Fardiman | 2101659460
Public Relation Activist
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close