People Innovation Excellence

Hari Raya Imlek Di Seluruh Dunia

Sumber Gambar : https://blog.sunmaster.co.uk/wp-content/uploads/2015/02/Chinatown_london-1024×768.jpg

Tahun Baru Imlek 2018 jatuh pada tanggal 16 Februari 2018 di seluruh dunia, yang menandai mulainya tahun anjing tanah. Tahun Baru Imlek atau disebut juga dengan festival musim semi berlanjut selama kurang lebih 1 bulan dan berakhir dengan adanya Lantern Festival. Pada hari tersebut, orang-orang kembali ke kampung halamannya untuk makan bersama dengan keluarga dan kerabat, bertukar kado, memberi dan menerima hong pao, dan lain sebagainya. Tahun Baru Imlek menjadi hari raya yang paling besar dan istimewa bagi rakyat Tiongkok dan juga orang-orang keturunan Tionghoa yang tersebar di seluruh dunia. Kemeriahan Tahun Baru Imlek ini tersebar di Taiwan, Hongkong, Korea, Singapura, Malaysia, Indonesia, Filipina, Thailand, Mauritis, India, Amerika Serikat, dan seluruh bagian dunia.

Di Tiongkok, tradisi merayakan Imlek diadakan berbeda-beda sesuai dengan daerah. Pada bagian Utara, makanan yang menjadi ciri khas Imlek dan dimakan paling banyak saat Imlek adalah pangsit, sementara di bagian Selatan lebih banyak memakan Lumpia. Perayaan Imlek dimulai dengan mulainya bunyi mercon yang meriah dan juga pertunjukan kembang api yang terdengar di seluruh kota. Kembang api dan mercon sangat identik dengan tahun baru Imlek, meskipun kota-kota besar seperti Beijing mulai membatasi dan mengurangi mercon dan kembang api untuk mencegah polusi asap dan kebakaran. Sementara di Shanghai, orang-orang menyalakan lilin merah untuk sembahyang pada hari pertama Tahun Baru Imlek.

Di Asia yang memiliki banyak keturunan Tionghoa, perayaan Tahun Baru Imlek berjalan dengan diadakannya tradisi Imlek yang khas sesuai masing-masing negara. Di India, orang-orang pergi untuk sembahyang dan menyambut tahun baru di Kolkata. Hari Raya Imlek disebut dengan Losar di Tibet. Pada hari itu, biksu-biksu pedalaman Tibet mengadakan upacara menyambut tahun baru dan para penari mengadakan upacara tarian pedang. Di Indonesia, orang-orang melepas burung sebagai simbol keberuntungan di kuil-kuil yang ada di Jakarta. Lain halnya di Filipina, di tempat mayoritas etnis Tionghoa tinggal, terdapat pertunjukan api dan anak-anak yang menarikan tarian singa (Lion Dance). Di Jepang, banyak pertunjukan tarian singa di China Town Yokohama dan orang Korea Selatan pergi sembahyang ke makam keluarga.

Sementara di Amerika Serikat yang memiliki banyak keturunan Tionghoa, Tahun Baru Imlek dirayakan dengan mengunjungi rumah kerabat, makan bersama, dan menyaksikan pertunjukan Lion dan Dragon Dance di China Town yang berada di kota-kota besar seperti San Fransisco, New York, Los Angeles, dan Washington DC. Beralih ke benua Eropa, setiap negara Eropa ikut merayakan Tahun Baru Imlek dengan adanya berbagai festival Tahun Baru Imlek, pertunjukan jalananan, parade keliling kota, hiasan lampion yang mengelilingi China Town, dan lain sebagainya. Berbagai pertunjukan dan parade Tahun Baru Imlek dirayakan secara meriah di kota-kota negara Eropa seperti di Barcelona, Paris, Amsterdam, London, Manchester, dan Milan.

 

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka :

http://indianexpress.com/photos/lifestyle-gallery/happy-chinese-new-year-2018-photos-of-chinese-people-celebrating-and-welcoming-the-year-of-dog-in-lunar-calendar-5066195/18/

https://blog.sunmaster.co.uk/celebrate-chinese-new-year-europe/


Published at :
Written By
Emily | 2001554973
Manager of Public Relation | Bina Nusantara Mandarin Club
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close