People Innovation Excellence

Grain Rain

Image result for grain rain
Sumber Foto: https://www.google.co.id/search?dcr=0&biw=1920&bih=925&tbm=isch&sa=1&q=grain+rain&oq=grain+rain&gs_l=psy-ab.3..0i8i30k1l2.114063.117854.0.118179.13.12.1.0.0.0.69.741.12.12.0….0…1.1.64.psy-ab..0.12.681.0..0j0i67k1j0i10i24k1j0i30k1j0i5i30k1.TAjkylTI89M#imgrc=2v5AVxanm6cWqM:
Apa itu Grain Rain?
Pada kalender tradisional Asia Timur membagi 1 tahun menjadi 24 solar terms. Grain rain ( 谷雨; Gǔyù) adalah solar term ke-6 yang dimulai ketika matahari mencapai bujur langit 30° dan berakhir saat mencapai 45°. Pada kalender gregorian grain rain terjadi pada tanggal 20-21 April.
Ada tradisi apa saja kira-kira selama Grain Rain?
Grain Rain menjadi masa yang penting dalam pertanian. Saat Grain Rain, temperatur dan curah hujan akan meningkat, hingga penting bagi petani untuk melindungi tanaman-tanaman dari serangga hama.
Orang-orang di China Utara memiliki trsdisi untuk makan sayur Toona Sinensis saat Grain Rain, karena ada pepatah mengatakan Toona Sinensis sesaat sebelum hujan rasanya selembut sutra. Toona Sinensis ini sangat bergizi dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh, serta bagus untuk pencernaan dan kulit. Sedangkan di China Selatan, orang-orang meminum teh saat Grain Rain. Karena mereka percaya teh musim semi di masa Grain Rain kaya akan vitamin asam amino, yang dapat menghilangkan panas dari dalam tubuh dan bagus untuk fungsi mata.
Grain Rain juga menandakan permulaan dari pelayaran pertama kalinya di tahun ini bagi para nelayan. Sehingga, diadakanlah Grain Rain Festival di desa-desa nelayan di bagian utara China. Grain Rain Festival ini bertujuan untuk mendoakan keselamatan orang-orang terkasih yang akan berlayar, juga sebagai tanda terima kasih karena telah melindungi hasil panen dari hujan badai.
Grain rain tidak hanya di rasakan masyarakat China, namun juga masyarakat Jepang, Korea dan Vietnam.
Sumber Penulisan/Daftar Pustaka : http://www.theworldofchinese.com/2013/04/grain-rain/

Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close