People Innovation Excellence
 

APPLE WWDC 2018: PENGUMUMAN MENARIKNYA

Salah satu acara terbesar dari Apple tahun ini yaitu Apple Worldwide Developer Conference atau yang lebih dikenal dengan Apple WWDC 2018. Pada acara tahunan ini, akan diumumkan produk-produk terbaru dari Apple. Selain itu, Apple WWDC 2018 juga dimeriahkan dengan adanya developer workshoptrainingparties, serta networking events.

Apple WWDC 2018 diselenggarakan pada tanggal 4-8 Juni 2018 di McEnery Convention Center, San Jose, California, Amerika Serikat. CEO Apple, Tim Cook, beserta staff senior lainnya akan membawakan keynote tersebut dan akan lebih terfokus pada pembaruan software, seperti macOS 10.14 Mojave, watchOS 5, tvOS 12, hingga iOS 12.

Untuk para developer, Apple WWDC 2018 memberikan peluang untuk mencoba apa yang sedang dibuat sehingga mereka akan dapat memperkirakan rencana kedepannya. iOS 12 developer beta 1 juga dapat di-download sekarang. Bagi penikmat teknologi lainnya, akan ada banyak pembaruan interface pada iPhone, iPad, Mac, Apple Watch, juga mungkin akan ada hint pada iPhone 9 dan iPhone XI yang sudah lama memiliki teori tersendiri. Nah, sobat FILE, simak pengumuman menarik dari Apple WWDC 2018 berikut!

Apple WWDC 2018 – FILE Magz

 

iOS 12

Apple kali ini mengutamakan performa yang lebih baik, iPhone yang lebih cepat dan responsif, seperti layaknya iPhone 5S dulu. Apple juga menyatakan bahwa mereka tidak akan meninggalkan device yang sudah lama, contohnya pada iPhone 6S Plus yang dinyatakan bahwa keyboard-nya akan 50% lebih cepat dari sebelumnya, juga kamera yang 70% lebih cepat untuk memotret. Bahkan loading aplikasi akan menjadi dua kali lebih cepat dengan iOS 12.

Apple WWDC 2018 – FILE Magz

 

Fitur ARKit 2

Bekerja sama dengan Pixar, ARKit Apple dengan adanya augmented reality, sedang membangun format file baru untuk saling berbagi konten AR. Memperkenalkan aplikasi terbaru bernama Measure, aplikasi ini bahkan dapat memperlihatkan ukuran suatu benda dengan hanya menggeser jarimu pada saat kamera sedang mengarah ke benda tersebut.

Apple sempat mendemonstrasikan adanya fitur multiplayer menggunakan Lego sehingga dapat benar-benar merasakan lingkungan yang interaktif dengan AR.Apple WWDC 2018 – FILE Magz

 

 

Pembaruan Aplikasi Photos

Aplikasi Photos kini mendapatkan pembaruan yang cukup pintar, yaitu adanya rekomendasi pada foto-foto yang tersimpan seperti membuat looped live photo atau dengan menggunakan machine learning, akan ada fitur pengenalan wajah juga, yang akan mempermudah proses pembagian foto dengan teman maupun kerabat. Fitur tersebut tetap akan mengandalkan iCloud Photo Library.

Apple WWDC 2018 – FILE Magz

 

Siri Menjadi Lebih Pintar

Fitur baru bernama Shortcut, akan terintegrasi dengan aplikasi-aplikasi dengan voice command. Seperti memutarkan lagu untuk meditasi, atau mencari hasil pertandingan sepak bola semalam. Setelah menerima command, Siri akan merekomendasi aplikasi yang mungkin akan kamu gunakan berdasarkan kebiasaanmu. Pembaruan lainnya juga adanya upaya Apple pada ‘smartphone addiction’, dengan memperkenalkan fitur Do Not Disturb yang dapat mematikan notifikasimu. Selain itu juga ada pembatasan waktu penggunaan untuk beberapa aplikasi.

Apple WWDC 2018 – FILE Magz

 

Stocks, News, Books, and Voice Memos

Aplikasi Stocks dan News sekarang akan bergabung menjadi satu aplikasi, dan akan hadir juga pada iPad. Voice Memo juga akan hadir di iPad dan akan otomatis terhubung dengan iCloud. Dalam hal branding, aplikasi iBooks sekarang berubah menjadi Books.

 

Memoji

Lain dari Animoji, walaupun Apple telah menambahkan tongue detection, sekarang diperkenalkannya Memoji. Animoji customizable ini dapat dikatakan mirip dengan AR Emoji Samsung. Kamu dapat menambahkan sticker tersebut saat menggunakan Messages.

Apple WWDC 2018 – FILE Magz

 

Panggilan Group FaceTime

Group calling sekarang semakin canggih. Bahkan jika kamu sedang dalam panggilan yang cukup ramai, tampilan orang tersebut akan muncul berdasarkan siapa yang sedang berbicara.

Apple WWDC 2018 – FILE Magz

 

MacOS Mojave 10.14

Fitur pertama yang diperkenalkan oleh Apple yaitu mode gelap atau dark mode, dimana pada tampilannya akan berwarna gelap pada menu dan lainnya. Lalu adanya Desktop Stacks. Kamu dapat mengurutkan dokumen dan hal lainnya yang ada pada desktop-mu secara tumpuk, berdasarkan tanggal, maupun urutan lainnya.

Apple WWDC 2018 – FILE Magz

Fitur lainnya yang tidak kalah menarik adalah fitur mengedit gambar dan notetaking yang lebih mudah dengan menghubungkan iPhone-mu dengan Mac untuk mengambil gambar, maupun scan sebuah dokumen, dan dengan cepat akan tersimpan ke dalam Mac-mu.

Apple WWDC 2018 – FILE Magz

Masih ingat dengan fitur quick view pada galeri? Kini fitur tersebut akan lebih cepat. Bayangkan kamu mem-preview sebuah dokumen tanpa membukanya! Selain itu, fitur screenshot sekarang menjadi lebih cepat. Video pun juga dapat direkam dengan mudah. Tidak hanya itu, aplikasi App Store juga akan didesain ulang, seperti pada pembaruan App Store di iOS tahun lalu.

Apple WWDC 2018 – FILE Magz

 

WatchOS 5

Seperti biasa, WatchOS akan memberikanmu kemudahan dalam hal kesehatan dan kebugaran, seperti adanya challenges dengan teman saat berolahraga. Kegiatan Yoga juga dapat diukur berdasarkan denyut jantung, dan pendakian gunung juga dapat diukur berdasarkan denyut jantung dan ketinggian.

Apple WWDC 2018 – FILE Magz

Selain itu, adanya Podcast yang akan terhubung dengan perangkat audio sekitarmu. Dikabarkan juga WatchOS 5 dapat beroperasi layaknya walkie talkie pada aplikasi Walkie-Talkie. Dalam jangkauan koneksi Wi-Fi atau seluler, kamu akan segera dapat terhubung dengan seseorang dengan mengirimkan voice note pendek.

Apple WWDC 2018 – FILE Magz

BACA JUGA: GOOGLE I/O 2018 HIGHLIGHTS

tvOS

Ada beberapa pembaruan kecil tahun ini, juga pada Apple TV 4K. Pemberitahuan besarnya yaitu saat pengenalan Dolby Atmos sound support pada TV 4K, juga pembaruan gratis ke Atmos dengan iTunes. Apple juga mengumumkan beberapa perusahaan broadband cable provider yang sudah bekerjasama.

Apple WWDC 2018 – FILE Magz

Daaan, masih banyak lagi pengumuman menarik lainnya dari Apple WWDC 2018! Untuk melihat lebih banyak lagi informasi mengenai Apple WWDC 2018, kamu bisa kunjungi situs berikut ini. Dari artikel di atas, pengumuman yang mana yang paling menarik perhatian sobat FILE?


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close