People Innovation Excellence

17 HAL YANG DAPAT KAMU LAKUKAN SETIAP HARINYA UNTUK MENJADI LEBIH SMART

Jika kamu mendengar kalimat “latihlah dirimu agar dapat berpikir dengan cerdas”, mungkin yang terlintas dalam pikiranmu adalah aktivitas-aktivitas seperti belajar atau membaca buku. Hal itu tidak salah, namun banyak hal kecil yang dapat kamu lakukan untuk melatih kecerdasanmu. Sebelumnya, perlu diketahui bahwa ada 3 hal yang dibutuhkan oleh pikiranmu agar dapat berpikir dengan smart, yaitu :

  1. Dilatih proses pemikirannya
  2. Diisi dengan banyak informasi
  3. Difokuskan pada suatu masalah dan ide

Sebagai contoh, Thomas Edison dapat menemukan bola lampu karena :

  1. Ia banyak berlatih untuk berpikir logis
  2. Ia tahu banyak mengenai elektroteknik
  3. Ia fokus untuk memecahkan suatu masalah

Nah, berikut adalah berbagai hal yang dapat kamu lakukan untuk membantumu agar dapat berpikir dengan smart setiap harinya, dan tak hanya itu, juga membantu meningkatkan produktivitasmu di sepanjang hari :

 

1. Minum 2 Gelas Air dalam Jangka Waktu 30 Menit Setelah Kamu Bangun

Karena kamu telah tidur selama berjam-jam, tubuhmu tidak mendapatkan cairan selama 6 hingga 9 jam. 2 gelas besar air membantumu mengimbangi kekurangan cairan yang kamu alami setelah tidur. Studi pada anak-anak menunjukkan bahwa meminum lebih banyak air meningkatkan kemampuan mereka untuk menyelesaikan tugas-tugas mental. Pastikan otakmu tidak terdehidrasi di awal harimu.

 

2. Baca Ringkasan Buku Selagi Menyantap Sarapan

Membaca buku itu baik, namun saat sarapan dan sebelum kamu bekerja atau menjalankan studimu, bacaan yang lebih pendek akan lebih baik untuk dibaca. Daripada membaca berita yang tidak begitu memberikan pengaruh pada kecerdasanmu, bacalah ringkasan dari buku-buku best seller. Kamu dapat mencari ringkasan dengan cara :

  • Meng-Google judul buku yang kamu inginkan + summary, sebagai contoh, “7 Habits of Highly Effective People Summary”.
  • Berlangganan layanan yang menyediakan ringkasan seperti Blinkist atau getAbstract.

 

3. Dengarkan Podcast/Audiobook dalam Perjalananmu

Dalam perjalananmu menuju tempat kerja atau studimu, kamu dapat menyetel podcast atau audio book (buku audio) yang memberikanmu banyak informasi yang penting dan menarik. Beberapa sumber yang bagus yaitu :

 

4. Minum Teh Hijau Selagi Kamu Bekerja

Kafein dapat membuat beberapa orang gelisah ketika dikonsumsi. Namun teh hijau mengandung l-theanine. Kandungan asam amino ini dapat meningkatkan gelombang otak alpha. Karena itu, kebalikan dari kopi, teh hijau yang berkualitas tinggi dapat memberikan efek relaksasi serta meningkatkan fokus, tanpa menyebabkan rasa kantuk. Hal ini juga adalah alasan mengapa l-theanine tersedia sebagai suplemen untuk membantu relaksasi dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

 

5. Tidur Siang

Tidur siang dapat membantu menyegarkan pikiran. Tak hanya itu, telah terbukti bahwa tidur sejenak selagi belajar dapat meningkatkan kecepatan pembelajaran. Pikiranmu memiliki ritme yang menentukan kapan ia merasa ngantuk dan kapan ia membutuhkan tidur. Umumnya, orang-orang akan merasa ngantuk di antara pertengahan hari hingga pukul 4 sore. Dan ini adalah waktu yang tepat untuk tidur sejenak. Hal ini akan meningkatkan kewaspadaan serta produktivitasmu.

 

6. Jangan Mengkonsumsi Gula pada Siang Hari

Jika bisa, jangan mengkonsumsi makanan atau minuman yang terlalu banyak mengandung gula sama sekali. Namun jika kamu tidak bisa, pastikan saja bahwa kamu tidak mengkonsumsinya pada waktu-waktu dimana kamu harus berfokus pada pekerjaanmu. Gantilah makanan-makanan bergula yang biasa kamu konsumsi dengan makanan-makanan yang kaya gizi seperti ikan atau telur.

 

7. Telusuri Media Sosial/Situs Meme Hanya Beberapa Kali Sehari

Otak kita beradaptasi dengan informasi yang kita masukkan ke dalamnya. Jika kita terlalu banyak menghabiskan waktu di media sosial, kita memborbardir otak kita dengan informasi-informasi yang tidak memberikan stimulasi apa-apa dengan sangat cepat, sehingga dapat membuyarkan fokus. Kalau kamu memang merasa ingin bersantai sambil melihat-lihat feed media sosialmu, atau situs-situs yang berisi candaan atau meme, jangan lupa menyetel timer agar kamu tidak terlalu lama melakukan aktivitas-aktivitas tersebut.

 

8. Bermain Game

Menonton televisi adalah aktivitas yang pasif. Otakmu menyerap informasi, namun tidak memprosesnya atau berinteraksi dengannya. Substitusi dari kegiatan ini adalah bermain game. Studi pada tahun 2014 menunjukkan bahwa, bahkan game sederhana seperti Super Mario memberikan efek yang terlihat pada fleksibilitas otak. Jadi libatkanlah otak kamu pada kegiatan-kegiatan yang membuatnya aktif. Namun tentu saja seperti poin sebelumnya, jangan sampai melupakan tugas dan pekerjaanmu karena terlalu banyak bermain game ya.

 

9. Membaca Buku

Sama seperti poin sebelumnya, dimana bermain game merupakan kegiatan yang lebih aktif ketimbang menonton televisi, membaca buku juga adalah aktivitas “olahraga” otak. Menonton media hiburan berbentuk video merupakan kegiatan penyerapan informasi yang pasif. Namun membaca buku membutuhkan otakmu untuk terus aktif karena setiap kali membaca, kamu pastinya akan membangun gambaran dari/membayangkan apa yang terjadi dalam buku tersebut.

 

10. Programming

Terutama bagi kamu yang tertarik dengan dunia TI (Teknik Informatika), kegiatan pemrograman merupakan cara yang sangat baik untuk melatihmu berpikir logis dan berpola. Pemrograman juga sekarang ini dapat kamu pelajari dengan mudah dan menyenangkan dari berbagai situs seperti Codeacademy, dan platform gratis/berbayar seperti Udemy. Tak hanya itu, mempelajari pemrograman juga dapat menjadi nilai plus bagi kamu yang ingin bekerja di industri yang berhubungan dengan teknologi.

 

11. Menonton Siaran Edukatif Selagi Memasak

Beberapa dari kamu mungkin suka memasak. Kegiatan memasak dapat kamu iringi dengan menonton media yang memberikanmu berbagai informasi terkini mengenai teknologi, pendidikan, desain, dst. Salah satu situs terbaik untuk melakukan aktivitas tersebut adalah TED talks. Dengan ini, kegiatan memasakmu dapat menjadi lebih menyenangkan.

 

12. Lakukan Kegiatan Olahraga Sederhana di Siang Hari

Tubuh dan pikiran terhubung satu sama lainnya, dan olahraga membantu otakmu untuk berfungsi dengan lebih baik. Namun kamu tidak harus pergi ke gym setiap harinya. Melakukan push-up, berjalan-jalan, atau melompati langkahan-langkahan tangga sudah dapat memberikan efek yang sangat baik. Cobalah lakukan aktifitas fisik setiap jamnya, walaupun hanya sekedar berdiri atau merenggangkan tubuhmu.

 

13. Bercengkrama dengan Orang-Orang yang Lebih Pintar Darimu

Kebiasaan adalah hal yang “menular”. Kebiasaan dan pola berpikir dari orang-orang yang sering kamu ajak untuk menghabiskan waktu bersama dapat menular ke dirimu. Jadi, sering-seringlah berinteraksi dengan orang-orang yang kamu anggap lebih pintar darimu.

 

14. Berdiskusi dengan Orang-Orang yang Tidak Setuju dengan Pemikiranmu

Berdiskusilah secara bersahabat dengan orang-orang yang tidak setuju dengan pemikiranmu mengenai topik apapun. Berargumen dengan mereka memungkinkanmu untuk mempertajam argumenmu, atau membuktikan bahwa ternyata pemikiranmu salah. Apapun hasilnya, kamu mendapatkan keuntungan dari kedua kemungkinan tersebut. Dengan mempertajam argumenmu, kamu telah berhasil meyakinkan orang-orang yang kamu ajak berargumen bahwa kamu memiliki poin-poin yang lebih valid. Dan kalaupun kamu terbukti salah, kamu telah berhasil menghapus logika dan pemikiranmu yang salah tersebut sebelum kamu sebarkan atau pendam dalam-dalam di otakmu.

 

15. Berjalan-Jalan di Alam

Berjalan-jalan di alam memiliki berbagai kelebihan yaitu :

  • Terdapat lebih banyak oksigen.
  • Pikiran manusia menjadi tenang ketika dikelilingi tumbuhan.
  • Berjalan membantu melancarkan sirkulasi darah.

Berjalan di tempat-tempat seperti misalnya taman hijau pada waktu istirahat atau makan siang, dapat membantumu untuk bekerja dengan lebih baik setelahnya.

 

16. Membawa Notepad/Notebook Kemanapun Kamu Pergi

Pemikir-pemikir hebat seperti Leonardo Da Vinci selalu membawa notepad. Mereka menggunakannya untuk menuliskan ide, sketsa, dan pertanyaan-pertanyaan yang terpikirkan oleh mereka untuk kemudian diulas. Memegang satu buku kecil untuk menuliskan hal-hal menarik yang terpikirkan olehmu dapat melatih rasa ingin tahu dan pemikiran logismu.

 

17. Ambil Waktu 10 Menit di Penghujung Harimu untuk Merencanakan Aktivitasmu di Esok Hari

Dengan membiasakan dirimu untuk terlebih dahulu merencanakan aktivitas sebelum hari tersebut tiba, dapat membantumu untuk bekerja dengan lebih produktif. Banyak orang yang kelihatannya sibuk, namun sebenarnya tidak produktif. Salah satu bagian dari menjadi smart adalah mengetahui bahwa seringkali, bekerja dengan pintar lebih baik daripada bekerja dengan keras. Jadi rencanakanlah terlebih dahulu kegiatan-kegiatan yang akan kamu lakukan agar dapat bekerja dengan lebih smart.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close