People Innovation Excellence

Sejarah Basket Ball Wanita

Christian Sanjaya

2001559311

Basket wanita dimulai pada tahun 1892 ketika para wanita di Smith College mulai memainkan olahraga yang diciptakan oleh Dr. James Naismith itu. Saat ini, basket dimainkan di seluruh dunia oleh pria dan wanita. Basket wanita sebagian besar mengikuti aturan yang sama seperti basket pria, dengan pengecualian bolanya lebih kecil.

Hall of Fame

Ada Hall of Fame khusus yang ditujukan untuk basket wanita. Terletak di Knoxville, Tennessee, Women’s Basketball Hall of Fame dibuka pada tahun 1999. Bangunan ini menyimpan artefak dan memorabilia untuk mengenang sejarah basket wanita. Tempat ini juga didedikasikan untuk mengenang jasa mereka yang berkontribusi pada basket perempuan. Women’s Basketball Hall of Fame juga memiliki bola basket terbesar di dunia, setinggi 30 kaki dan berat 10 ton.

Pat Summitt

Lahir pada tahun 1952, Pat Summitt, pelatih kepala wanita di University of Tennessee, adalah pelatih tersukses sepanjang masa pada setiap tingkatan basket perguruan tinggi. Sejak mengambil alih kendali Volunteers pada tahun 1974, dia telah memenangkan delapan kejuaraan nasional dan mencatatkan lebih dari 1.000 kemenangan. Dia dilantik masuk Basketball Hall of Fame dan Women’s Baskeball Hall of Fame. Lapangan basket di University of Tennessee dinamai The Summitt untuk menghormatinya.

WNBA Pertama

Musim perdana WNBA (Woman’s National Basketball Association) adalah di tahun 1997. Delapan tim berkompetisi di musim pertama WNBA ini. Franchise aslinya terletak di Charlotte, Cleveland, Detroit, Houston, New York, Phoenix, Sacramento, dan Utah. Tina Thompson adalah pemain pertama yang dipilih dalam WNBA Draft perdana dan MVP pertama adalah Cynthia Cooper. Pada musim pertamanya, WNBA menarik lebih dari satu juta penggemar. Houston Comets memiliki prestasi besar dengan memenangkan kejuaraan WNBA pertama, mengalahkan NY Liberty.

Source : https://lampukecil.com/2015/07/13/fakta-unik-tentang-basket-wanita/#more-4836

 


Published at :
Written By
Christian Sanjaya
Aktivis | Public Relation
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close