People Innovation Excellence

Tips Bermain Cajon

1.Carilah cajon yang tepat

Dimulai dengan memilh cajon yang tepat. Terdapat ratusan cajon di luar sana, sehingga terkadang bisa membuat kamu bingung dalam memilih cajon yang tepat. Semuanya kembali lagi tergantung dengan “budget” yang kamu miliki, karena pilihan harga dari cajon cukup beragam.

 

  1. Cari guru

Guru yang dimaksud tidak hanya guru privat, namun bisa juga belajar dari orang-orang yang ada di Youtube atau video platform lain. Informasi dan bahan-bahan pembelajaran yang dibutuhkan sudah sangat mudah diakses melalui internet. Berikut ini beberapa website yang bisa dijadikan referensi yaitu playcajon.org, cajonbox.com dan Ross McCallum’s Cajon Groove Guide.

 

  1. Postur

Dari bentuk dan cara memainkannya, sangat penting kamu duduk dengan posisi yang benar dan bermain tanpa melelahkan diri kamu. Pastikan kamu duduk dengan posisi punggung lurus, tidak membungkuk tapi santai. Kamu tidak perlu bermain lebih jauh dari 20 cm dari bagian depan cajon. Semua tone termasuk bass dapat dicapai di jarak tersebut.

 

  1. Pemanasan

Pemanasan merupakan hal yang sangat penting. Jika kamu tidak melakukan pemanasan, ada kemungkinan kamu mengalami cedera. Berikut ini beberapa teknik peregangan tangan dasar

 

  1. Tone

Pada awal latihan dengan cajon baru kamu harus fokus untuk menemukan tone dasar dari cajon kamu, yang utama adalah bass tone dan slap tone. Mid tone juga dapat dicapai dengan menggunakan ujung-ujung jari ketika kamu menaruh tangan kamu di lekukan ujung dari cajon.

 

  1. Gunakanlah metronome

Berlatih dengan menggunakan metronome dapat meningkatkan akurasi dalam tempo dan kecepatan.

 

  1. Membuat jadwal latihan

Kamu akan lebih cepat mahir jika melatih hal-hal dasar secara terus menerus setiap hari. Ketika kamu sudah menguasai teknik tersebut, belajar lagi teknik yang baru.

 

  1. Kembangkan kecepatan kamu

Luangkan waktu kamu untuk mengembangkan kecepatan kamu dengan cara yang benar, karena jika tidak maka permainanmu tidak menjadi cepat tapi malah terdengar ceroboh dan mengecewakan teman-teman band-mu. Berlatihlah dengan menaikkan kecepatan 5 BPM secara berkala dalam sekali latihan.

 

  1. Cari gaya-gaya baru

Drummer dan percussionist yang paling banyak dicari adalah yang bisa memainkan berbagai macam gaya. Dengan belajar beragam gaya bermain, kamu juga bisa mempelajari berbagai tradisi dan adat dari musik-musik negara lain.

 

  1. Bermain dengan orang lain

Salah satu hal yang penting bagi pemain musik adalah bermain dengan orang lain. Kamu akan belajar lebih cepat ketika kamu bisa membagikan ide kamu dan bermain dalam sebuah grup. Dan juga cara yang bagus untuk bersenang-senang dan membangun sebuah komunitas.

 

Selamat berlatih!

 

Tips diambil dari: http://playcajon.org/


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close