People Innovation Excellence

SIMAK! 6 MANFAAT KESEHATAN BERMAIN BADMINTON NOMER 4 BIKIN NETIZEN MELONGO!

Badminton merupakan olahraga yang tidak asing lagi untuk didengar. Seringkali perlombaan badminton diselanggarakan contohnya seperti yang diadakan saat Asian Games 2018, Jonatan Christie berhasil mendapatkan emas untuk Indonesia. Namun dilain itu, olahraga badminton sebenarnya merupakan olahraga yang mengasyikan dan bisa dimainkan oleh siapa saja. Hanya perlu bermodal raket badminton dan kok anda bisa langsung bermain. Selain asyik, olahraga ini juga bermanfaat bagi kesehatan anda seperti:

  1. Menurunkan berat badan

Badminton termasuk jenis olahraga kardio. Olahraga jenis ini membantu memperbaiki metabolisme dalam tubuh untuk membakar lemak lebih banyak selama olahraga dan seterusnya saat beristirahat. Menariknya, badminton mampu membakar kalori hingga 450 kalori per jam melebihi olahraga lainnya seperti bermain bola sepak atau menyelam. Menurut British Heart Foundation, “seorang berumur 50 tahun dengan berat 70 kg dapat membakar hingga 350 kalori dengan hanya satu jam bermain bulu tangkis.

  1. Mengurangi stress

Ketika kita berolahraga, otak akan melepaskan hormone endorphin, dopamine, dan triptofan yang merupakan hormone mood bahagia untuk menggantikan hormon kortisol dan epineprin yang merupakan horomon pemicu stress. Akibat hormon ini, dapat memunculkan perasaan bahagia, pikiran positif, menghilangkan stress, dan memperbaiki kualitas tidur. Selain itu, karena permainan badminton melibatkan interaksi sosial dengan orang lain maka bersenda gurau, mengobrol, maupun bertukan pikiran mampu menghilangkan stress.

  1. Melatih kekuatan otot dan sendi

Bermain badminton melibatkan banyak gerak anggota tubuh. Otot betis, paha, bokong, panggul dan pinggul yang dipakai ketika melompat juga berlari, hingga lengan atas dan otot punggung untuk memukul bola. Terlebih olahraga ini juga dapat membentuk dan menguatkan otot inti. Otot dan persendian yang kuat dan fleksibel akan mencegah Anda dari berbagai risiko cedera saat berolahraga maupun selama beraktivitas harian. Otot dan persendian yang fleksibel juga dapat memperluas rentang gerak tubuh, sehingga Anda terhindar dari penyakit arthritis yang melemahkan pergerakan.

  1. Menurunkan resiko dimensia

Badminton adalah salah satu jenis olahraga otak. Volume aliran darah akan meningkat pesat dari jantung ke otak selama Anda aktif bergerak. Ini dapat meningkatkan kerja saraf dan meningkatkan massa otak. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kemampuan nalar meningkat secara drastis pada orang yang rata-rata melakukan latihan kardio 30 menit per hari untuk setidaknya lima kali dalam seminggu. Kemampuan kognitif ini tentu dibutuhkan ketika Anda berlarian di lapangan untuk mengingat dan memodifikasi strategi, serta memprediksi serangan lawan. Terlebih, banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa latihan kardio dapat menurunkan risiko demensia pada orang dewasa sehat.

  1. Mencegah datangnya penyakit

Badminton dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan risiko terhadap sejumlah masalah kesehatan, seperti tekanan darah tinggidiabetes, hingga obesitas. Olahraga ini juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner dengan mengurangi kadar trigliserida, meningkatkan kolesterol baik, dan mengurangi risiko penyumbatan pembuluh darah. Menurut studi dari Diabetes Prevention Program menemukan bahwa olahraga dapat menurunkan risiko diabetes hingga 58 persen daripada dengan pengobatan diabetes dari dokter saja. Selain itu, dapat juga membantu menjaga kepadatan tulang sejak dini dan mencegah perkembangan osteoporosis di masa tua.

  1. Mengembangkan athleticism

Bermain badminton dapat meningkatkan kecepatan dan reflex kita. Selain itu, faktor intelijen juga penting karena pemain harus tahu bagaimana menipu lawan kita di setiap pukulan.

Sumber :

https://www.ninthst.com/manfaat-bermain-badminton-bagi-kesehatan/

https://hellosehat.com/hidup-sehat/kebugaran/manfaat-bulu-tangkis/


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close