People Innovation Excellence

PENALTY CARD DI BADMINTON

Pemberian kartu peringatan atau kartu kuning sudah sering kita jumpai di olahraga sepakbola. Namun, tahukah kalian kalau bulutangkis juga memiliki sistem kartu peringatan? Dalam bulutangkis, terdapat 3 kartu yang dapat dikeluarkan umpire kepada pemain, yaitu kartu kuning, kartu merah, dan kartu hitam.

  • Kartu Kuning

Kartu ini merupakan kartu peringatan kepada pemain sebelum mendapat kartu merah. Penggunaan kartu ini sama dengan kartu kuning yang terdapat pada sepak bola.

  • Kartu Merah

Jika umpire memberikan kartu merah maka servis akan berpindah tangan atau kalau sedang reli lawan langsung dapat point.

  • Kartu Hitam

Jika pemain mendapat kartu ini, pemain tersebut langsung didiskualifikasi/dikeluarkan dari turnamen.

            Kartu-kartu ini pernah didapatkan oleh pemain-pemain ternama, contohnya saat final Uber Cup 2008 Firdasari vs Lu Lan. Lu Lan mendapat kartu kuning karena berusaha mengulur-ulur waktu. Kartu merah pernah dikeluarkan umpire pada semifinal Kejuaraan Dunia 2013 saat Zhang Nan/Zhao Yun Lei berhadapan dengan Tontowi/Liliyana dimana ketika Liliyana hendak melakukan servis, Zhang Nan meminta pergantian baju paksa, dan berbuah kartu merah yang menghasilkan poin tambahan untuk pasangan Indonesia.

Insiden kartu hitam pun pernah mewarnai pertandingan Greysia Polii/Meiliana Jauhari melawan pasangan Korea Selatan Ha JE/Kim MJ di laga terakhir Grup C. Pertandingan yang memperebutkan posisi juara grup C ini terlihat adem-ayem. Bahkan kedua pasangan terlihat tidak ingin menang dalam match kali ini. Setelah beberapa kali ditegur, kedua pasangan masih saja terlihat tidak bersemangat, dan menyebabkan diberikannya kartu hitam bagi kedua pasangan.

Source :

http://kunikuma.blogspot.co.id/2012/06/kartu-kuning-merah-hitam-dalam-bulu.html


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close