People Innovation Excellence

LILIYANA NATSIR

Altet kelahiran Manado tanggal 9 September 1985 ini merupakan pemain bulutangkis spesialis ganda Indonesia yang berpasangan dengan Tontowi Ahmad dalam nomor ganda campuran dan Vita Marissa dalam nomor ganda putri. Sebelum berpasangan dengan Tontowi Ahmad, Liliyana juga pernah berpasangan dengan Nova Widianto. Liliyana/Nova pernah belaga dalam Piala Sudirman (2003 dan 2005), serta merebut medali perak Olimpiade Beijing 2008.

            Liliyana memang tumbuh dalam keluarga pecinta bulutangkis. Bersama kakak serta sang ibu, sejak umur 9 tahun, Lilyana kemudian belajar mengayunkan raket. Bermula dari klub kecil di Manado tempat Liliyana pertama mengasah kemampuannya, akhirnya keputusan untuk menjadi olahragawan diambilnya pada usia 12 tahun. Liliyana merelakan pendidikan sekolahnya dan fokus pada bulutangkis.

            Beranjak dewasa, Liliyana akhirnya pindah ke PB Tangkas, Tanjung Duren, Jakarta, untuk terus mengembangkan bakatnya. Masa-masa sulit saat jauh dari orang tua diakui oleh Liliyana terutama saat menghadapi persoalan hidup.

            Namun, masa-masa sulit itu dapat diubahnya menjadi sebuah motivasi untuk terus maju dan memberikan yang terbaik. Liliyana berhasil menyabet begitu banyak piala. Di ajang SEA Games, Lilyana/Nova tidak terkalahkan, pasangan ini secara konsisten meraih gelar juara semenjak SEA Games di Thailand (2007) hingga Laos (2009).

Prestasi di sektor ganda putri pun tidak kalah banyaknya. Liliyana/Vita pernah meraih juara di China Master Super Series 2007, SEA Games 2007, dan Indonesia Open 2008.

Karir Liliyana bersama dengan Tontowi Ahmad mungkin menjadi yang paling hangat dibicarakan belakangan ini. Pasangan ini berhasil membawa pulang medali emas Olimpiade Rio 2016 setelah mengalahkan pasangan Malaysia Chan Peng Soon/Goh Liu Ying dengan skor 21-14, 21-12.

Liliyana merupakan salah satu olahragawan wanita Indonesia yang paling berpengaruh dalam mengharumkan nama bangsa. Tidak gampang puas dan haus prestasi menjadi kuncinya untuk terus berusaha memberikan yang terbaik.

Source :

http://www.bbc.com/indonesia/laporan_khusus/2012/01/120109_tokohlilyananatsir.shtml


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close