People Innovation Excellence

Mia Audina Tjiptawan

Mia Audina Tjiptawan kelahiran Jakarta, Indonesia, 22 Agustus 1979 ini adalah seorang mantan pemain bulu tangkis Indonesia. Ia merupakan peraih medali perak Olimpiade Atlanta 1996 dan Athena 2004.

Ia memperkuat Tim Piala Uber Indonesia saat masih berumur 14 tahun dan menjadi anggota Tim Piala Uber termuda sepanjang sejarah bulu tangkis. Mia mendapat julukan “Si Anak Ajaib” karena menjadi pemain penentu kemenangan Indonesia saat menjuarai Piala Uber 1994 dan 1996. Mia memperoleh medali perak Olimpiade Atlanta 1996 setelah di final dikalahkan Bang Soo-Hyun, pemain andalan Korea Selatan.

Pada tahun 1999 Mia menikah dengan Tylio Arlo Lobman, seorang penyanyi gospel asal Suriname berkebangsaan Belanda. Ia kemudian menetap dan menjadi warga negara Belanda dan mulai mewakili Belanda dalam berbagai pertandingan.

Prestasi sebagai pemain Indonesia

  • Medali Perak Olimpiade Atlanta 1996
  • Juara Indonesia Terbuka 1998
  • Juara Jepang Terbuka 1997
  • Juara Singapura Terbuka 1997
  • Juara Piala Uber 1994 dan 1996 (Tim Piala Uber Indonesia)

Prestasi sebagai pemain Belanda

  • Medali Perak Olimpiade Athena 2004
  • Juara Belanda Terbuka 2005
  • Juara Jepang Terbuka 2004
  • Juara Kejuaraan Eropa 2004
  • Juara Jerman Terbuka 2002
  • Anggota Tim Piala Uber
  • Anggota Tim Piala Sudirman

Mantan atlet nasional Mia Audina mengaku kehilangan nauansa pertandingan bulu tangkis menetap di Belanda sejak 10 tahun terakhir. Mia mengobati rindu para penggemar bulu tangkis di Indonesia dengan tampil pada Badminton All Star 2012. Peraih medali perak olimpiade Atlanta 1996 itu terlihat segar dengan polesan “make up” tipis berpasangan dengan Christian Hadinata pada nomor ganda campuran.

Perpaduan antara atlet dan pelatih masa lampau itu mampu menekuk perlawanan pasangan Hastomo Arbi dan Yuliani Santosa dalam dua game langsung (11-6) (11-8).

Setelah memutuskan menikah dengan pria kebangsaan Belanda dan berpindah warga negara, nama Mia mulai jarang terdengar di Indonesia. Meski telah berpindah warga negara, prestasinya sebenarnya malah meningkat.

Ia telah memulai mengayungkan raket pada usia 3 tahun dan meraih prestasi pertama pada usia 5 tahun dengan mengikuti turnamen terbuka di Jakarta. Kemahiran Mia dalam melenturkan tubuh ketika menjangkau pukulan arah belakang demikian memukau penonton saat di lapangan.

Menginjak usia 32 tahun, ia memutuskan pensiun dari bulu tangkis dan membidik karir sebagai pelatih. Meski demikian, Mia belum bisa memastikan jika Indonesia memintanya.

Pebulutangkis yang dibesarkan Klub Jaya Raya Jakarta itu sempat digandang-gadang sebagai penganti Susi Susanti, namun harapan itu pupus setelah keputusan berpindah warga negara. Sejak memutuskan pension, Mia focus memberikan dukungan kepada perkembangan bisnis sang suami.

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Mia_Audina_Tjiptawan


Published at :
Written By
Felicia Stella
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close