People Innovation Excellence

Hal-hal yang perlu diketahui sebelum mendaftar UKM Aikido Binus

UKM Aikido sebagai dojo atau tempat latihan

  • No competition

Aikido yang dipelajari selama mengikuti UKM Aikido Binus berfokus pada teknik-teknik aikido tradisional. Aikido sendiri tidak memiliki ajang perlombaan atau kompetisi apapun. Hal tersebut dianggap bertentangan dengan prinsip seni beladiri aikido,  sebagai “Peaceful Martial Arts”.

 

  • No aggresive attacks

Teknik-teknik Aikido yang diajarkan selama mengikuti latihan UKM tidak bersifat agresif. Semua teknik Aikido sepenuhnya bertujuan untuk bertahan / defense. Dalam aikido, serangan disimulasikan dengan beberapa teknik yang ada, seperti Shoumen, Tsuki, Yokomen, dll.

Video terkait Shoumen, Tsuki, dan Yokomen – by Howcast :
https://www.youtube.com/watch?v=TLnIpDVA4P0

 

  • Discipline

Anggota UKM Aikido wajib mengikuti aturan-aturan yang berlaku selama latihan berlangsung, guna menjaga kondisi kegiatan latihan tetap kondusif.

 

  • Full of Techniques

Seni beladiri aikido sendiri berfokus pada teknik, berbeda dengan berbagai jenis beladiri lain. Hal tersebut yang menyebabkan aikido tidak bergantung pada kekuatan fisik. Hal terpenting dalam mempelajari Aikido adalah melatih tubuh untuk melakukan suatu teknik secara spontan. Karena itulah terkadang sebuah teknik beserta variasinya diajarkan berulang-ulang dalam beberapa sesi latihan.

 

  • Fitness

Sebagai salah satu jenis olahraga, kegiatan latihan Aikido tentunya bertujuan untuk menjaga kebugaran tubuh. Tidak berfokus pada kekuatan fisik bukan berarti tidak ada kegiatan fisik sama sekali, tetapi tidak membutuhkan banyak latihan fisik. Setiap sesi latihan diharapkan dapat meningkatkan kebugaran dan stamina para peserta latihan.

 

  • Safety first, learn basics

Teknik-teknik dasar beladiri sangatlah penting, terutama dalam beladiri Aikido. Teknik aikido berfokus pada kuncian dan bantingan. Dalam suatu sesi latihan aikido, peserta akan berlatih secara berpasang-pasangan, dengan istilah uke dan nage. Uke merupakan penerima teknik, sedangkan nage merupakan pelaku dari suatu teknik. Hal tersebut tidak berarti hanya nage yang sedang berlatih, tetapi uke juga dilatih untuk menerima teknik, dengan tujuan mencegah cidera. Karena itulah, latihan akan dimulai dari teknik-teknik dasar dan peserta diharapkan untuk tetap tekun berlatih dan tidak terburu-buru ingin berlatih teknik-teknik advance yang dianggap keren tersebut.

Video terkait Ukemi dalam aikido, yang ditujukan untuk menerima teknik bantingan – by Martial Arts Journey :
https://www.youtube.com/watch?v=MYrgGnVYNW8

 

  • Qualified trainer

Setiap sesi latihan akan dipimpin oleh seorang pelatih, yang biasa disebut Sensei. Pelatih utama Aikido Binus sekarang merupakan Aikidoka Black Belt Dan 2* di bawah bimbingan Seiichi Sugano Sensei, yang merupakan murid Morihei Ueshiba generasi ke-4.

Grading system aikido dimulai dari sabuk putih (Kyu 6, Kyu 5, Kyu 4) dan sabuk cokelat (Kyu 3, Kyu 2, Kyu 1). Setelah mengikuti ujian Yudansha, barulah Aikidoka kyu 1 bisa naik tingkat menjadi Dan 1 dengan sabuk hitam.

 

UKM Aikido sebagai Organisasi Kemahasiswaan

  • Activist

Istilah aktivis merupakan sebutan untuk anggota yang merupakan mahasiswa aktif dan berminat mendapatkan pengalaman berorganisasi. UKM Aikido akan membuka perekrutan aktivis setiap tahunnya. Para aktivis nantinya akan ikut berpartisipasi dalam pembuatan event-event dari UKM Aikido dan juga ikut membantu menjalankan organisasi UKM Aikido Binus dibimbing oleh para Pengurus Organisasi.

 

  • No seniority

Setiap anggota yang mendaftar pada UKM Aikido Binus memiliki kedudukan yang sama. Universitas Binus sendiri memiliki aturan yang memastikan tidak terjadinya bullying terhadap anggota suatu organisasi oleh seniornya. Para anggota yang merasa mengalami bullying bisa dan sangat diharapkan untuk melapor agar kasus tersebut ditindaklanjuti.

 

Pendaftaran UKM Aikido terbuka bagi semua mahasiswa aktif di Universitas Bina Nusantara.

Untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut, silahkan datang ke stand Aikido saat EXPO Binusian 2022 atau kontak pada link berikut : http://scdc.binus.ac.id/aikido/contact-us/.

 

Sumber :

https://goo.gl/images/EqY8Fm

https://goo.gl/images/id5rmZ

https://goo.gl/images/PqZfVR

https://goo.gl/images/mR6sXN

https://goo.gl/images/LK1EGh

https://goo.gl/images/qPBjqX

https://goo.gl/images/ypqT4B

https://goo.gl/images/Wj7g4c

https://goo.gl/images/Yexjrr


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close