People Innovation Excellence

Menerapkan Prinsip Aikido dalam Problem Solving

Menerapkan Prinsip Aikido dalam Problem Solving

Penerapan prinsip beladiri aikido dalam problem solving, problem atau masalah merupakan bagian dari kehidupan manusia dalam hidup bermayarakat. Semua masalah perlu adanya jalan keluar atau solusi tanpa menimbulkan masalah baru. Masalah seringkali disebut orang sebagai persoalan, kesulitan, gangguan, hambatan, ketidak puasan atau kesenjangan. Problem solving/pemecahan masalah merupakan proses berpikir, belajar, mengingat serta menjawab atau merespon dalam bentuk pengambilan keputusan.

Beladiri aikido mempunyai makna “cara mengharmoniskan ki (energi) diri sendiri dengan orang lain” prinsipnya dalam aikido tidak ada lawan, semua Aikidoka atau orang yang berlatih aikido adalah rekan latihan yang tak boleh diciderai. Setiap latihan selalu ada mae ukemi maupun ushiro ukemi(latihan rolling), hal tersebut untuk mencegah cidera ketika seorang aikidoka dilempar, dibanting atau dijatuhkan. Seluruh metode lemparan (nage), bantingan, jatuhan dan bahkan kuncian dilakukan dengan teknik yang aman dengan basic gerakan berputar.

Jika dianalisa lebih dalam, ternyata aikido mengarah pada harmonisasi diri dan orang lain untuk mengatasi masalah yang dapat dianggap sebagai suatu ancaman ketidakharmonisan. Di sinilah prinsip cinta kasih dapat diterapkan karena suatu penyelesaian masalah (problem solving) yang didasarkan pada prinsip cinta kasih yang damai dapat mengarah pada kasus “win-win solution” yang mana saat ini digunakan sebagai solusi setiap penyelesaian problem,

Cara menerapkan teknik aikido ini dengan cara:

  1. Hindari masalah, jika tidak terhindarkan, cobalah memakai kecerdasan dan sikap bijak untuk mengatasi masalah tersebut.
  2. Jangan mendatangkan masalah, namun juga jangan lari dari masalah yang ditimbulkan sendiri.
  3. Meskipun tidak semua masalah mudah diselesaikan namun tidak ada hal yang tidak mungkin untuk mendapatkan pemecahannya.
  4. Pelajari aikido dengan cara memahami prinsip aiki dengan terus menerus.

 

 

Sumber : http://aikidojogja.com/2017/09/06/460/


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close