People Innovation Excellence

Apa Itu Aikido?

Hai teman-teman, kali ini kami dari UKM Aikido akan menjelaskan seluk beluknya Aikido. Nah, buat yang penasaran boleh lansung simak artikel berikut ini.

Nah bagi yang awam pasti akan bertanya Aikido itu apa? Aikido itu adalah jenis bela diri tradisional dari Jepang yang sifatnya defensif (bertahan), tidak mengutamakan kekuatan otot, tetapi melatih kelenturan badan serta kecepatan gerak.

Jadi, Aikido itu lebih ke bertahan daripada menyerang dibanding bela diri lainnya. Tapi jangan salah! Aikido itu dapat memanfaatkan counter (umpan balik) yang akan bisa menjatuhkan dan membuat musuh menyerah dalam sekejap.

Nah terus asal usul kata Aikido itu dari mana?

  • AI, berarti penyelarasan, integrasi, atau harmoni
  • KI, berarti pusat energi hidup, spirit, dan
  • DO, yang bermakna jalan.

Terus apa yang kita dapatkan dari belajar Aikido?

Aikido adalah jalan untuk membentuk kesatuan harmoni antara fisik, rohani dan pikiran.

Pola dasar gerakan Aikido adalah sirkular. Belajar Aikido adalah belajar tentang keseimbangan, mempelajari gerakan energi lawan, lalu membiarkan energi itu mengalir. Energi penyerang yang mengalir dalam bentuk apapun akan menimbulkan satu titik ketidakseimbangan. Ketidakseimbangan itu diubah pada satu titik konvergensi. Praktisi Aikido hanya menggunakan badan untuk proses itu, tidak membendungnya. Semakin besar energi serangan, semakin besar pula counter (pembalikan) serangan itu akan berbalik pada penyerangnya.

Jadi yang jangan menggangap Aikido hanya bertahan aja sekali kita mengcounter dengan benar dan baik musuh bisa jatuh seketika. Hmmm Serem juga ya…. Tapi tenang saja Aikido itu mengutamakan cinta kasih dan kerukunan. Tidak akan membalas kalau tidak diserang duluan.

 

Nah dari mana teknik teknik di Aikido ini dipengaruhi?

Sebagai ilmu beladiri, Aikido adalah jenis beladiri untuk perkelahian cepat dan jarak dekat (close combat). Teknik-teknik Aikido ini banyak dipengaruhi oleh:

  • Teknik Bantingan Judo Kodokan Jigoro Kano
  • Teknik Kuncian Jujutsu gaya Sokaku Takeda (Bapak Jujutsu)
  • Teknik Pedang (Kenjutsu), dan
  • Teknik Toya berpedang/ straight spear (Yarijutsu)

Nah kita sudah bicara banyak tentang Aikido sebenarnya siapa sih penemu Aikido ini? Apa saja kata katanya?

Morihei Ueshiba, sebagai Bapak Aikido (1883-1969), lebih menekankan Aikido sebagai strategi berkelahi daripada teknik berkelahi.Beladiri dari negeri matahari terbit ini berakar pada tradisi samurai, oleh sebab itu dalam latihan selalu dilakukan dalam posisi seiza (duduk bersimpuh dengan kedua kaki dilipat ke belakang) selagi siswa menerima pelajaran, cara hormat, maupun saat siswa masuk dalam tatami di dojo.

 

 

Nah, memang benar sekali setiap latihan Aikido memang kita diajarkan untuk seiza dan melakukan penghormatan sebelum kita memulai latihan kita yang memang sudah tradisi.

Terakhir, bagi yang tertarik Aikido dan ingin mengetahui salah satu teknik bela diri yang bertipe difensif bisa ikut kami di UKM Aikido. Kami memulai latihan setiap hari Senin dan Kamis pukul 6.30 – 9.00. Dijamin deh kalau macam macam sama orang Aikido minimal tangan bisa terkilir dan  badan sakit sakit. Bahkan kita bisa dibuat menyerah terlebih dahulu tanpa kehilangan kesadaran. Hiiii Serem ya, makanya Join Kami di UKM Aikido Binus.

 

Terima Kasih telah membaca artikel ini ditunggu artikel dari kami selanjutnya . Stay Tuned!

Sumber: http://bebexbiroe.blogspot.co.id/2010/09/belajar-falsafah-aikido.html


Published at : Updated
Written By
Kevin Winarko
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close